Ini Harga Tiket Masuk Candi Prambanan 2022: Tiket Domestik dan Mancanegara

 



 

Aktual Indonesia - Baru-baru ini harga tiket masuk Candi Borobudur ramai diperbincangkan setelah ada rencana tarif masuk ke area utama menjadi Rp 750.000 untuk wisatawan domestik. Lalu apakah wacana ini juga berpengaruh pada harga tiket masuk Candi Prambanan?

 

Rencana kenaikkan tarif Candi Borobudur tersebut masih dalam pembahasan dan akan diputuskan oleh presiden dalam waktu dekat. Untuk itu selain info seputar tarif Candi Borobudur, anda juga perlu tahu harga tiket masuk Candi Prambanan

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa langkah menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian sejarah dan budaya yang ada. 

 

Meski demikian, tidak jarang masyarakat melontarkan komentar mengenai kebijakan tarif terbaru Candi Borobudur tersebut. Lantas bagaimana dengan candi lainnya seperti Candi Prambanan? Berikut Suara.com merangkum harga tiket masuk Candi Prambanan untuk Anda.

 

Sekilas Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang berlokasi di perbatasan antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi ini memiliki letak yang sangat strategis dan tidak boleh dilewatkan apabila Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta. 

 

Perlu diketahui, Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 masehi pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Pusat kerajaan kemudian pindah ke wilayah Jawa Timur pada abad ke-10 masehi yang menyebabkan Candi Prambanan terbengkalai dan tertimbun material letusan Gunung Merapi hingga menjadi hutan lebat.

 

Pada tahun 1930-an, dimulainya pemugaran Candi Prambanan dan diperkirakan terdapat 240 candi besar, namun hanya ada 18 candi yang berhasil dipugar. 

 

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan 

Tarif Candi Prambanan untuk Wisatawan Domestik

Tarif wisatawan nusantara per orang untuk sekali masuk TWC Prambanan

· Usia 10 tahun keatas: Rp  50.000

· Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 25.000

*Termasuk premi asuransi Rp 500 per orang

 

Tarif khusus wisatawan nusantara bagi rombongan pelajar serta mahasiswa per grup setiap kali masuk dengan surat pengantar dari sekolah/universitas (Minimal 20 orang)

 

· TWC Prambanan: Rp 25.000,00

· Paket TWC Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan: Rp 30.000,00

Termasuk premi asuransi Rp500,00 per orang

 

Paket Terusan

Prambanan – Borobudur

 

· Usia 10 tahun keatas: Rp  75.000

· Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

·  

Prambanan– Ratu Boko (fasilitas shuttle di Prambanan dan Ratu Boko)

· Usia 10 tahun keatas: Rp 85.000

· Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 40.000

 

Paket Prambanan – Plaosan – Sojiwan

 

· Usia 10 tahun keatas: Rp 75.000

· Usia 3 s/d 10 tahun: Rp 35.000

 

 

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan