Hari Kartini, Jokowi: Indonesia Selalu Lahirkan Perempuan Tangguh

 

Aktual Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada seluruh perempuan pada peringatan Hari Kartini 2022. Kepala Negara menyebut Indonesia selalu memiliki penerus semangat dan perjuangan Kartini dengan versinya masing-masing.

"Setiap zaman di sepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi," tulis Jokowi seperti dikutip dari laman Instagram pribadinya @jokowi, Kamis (21/4/2022).

Jokowi berharap setiap perempuan akan terus mengambil peranannya masing-masing untuk mendukung kemajuan bangsa. Tujuannya agar Indonesia bisa tetap kuat tegak berdiri.

"Mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju," ujar Jokowi.

Sejarah Hari Kartini

RA Kartini adalah sosok pahlawan nasional wanita Indonesia. Hari kelahirannya pada 21 April diperingati sebagai titik balik perjuangan kaum perempuan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Penetapan Hari Kartini dilakukan saat pemerintahan Presiden 1 RI Sukarno melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964.

Keppres tersebut menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yaitu Hari Kartini.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan