Ratusan Personel Gabungan Perbaiki Rumah Rusak, Pasca Bencana Angin Kencang

 


Aktual Indonesia - Pascakejadian angin kencang yang menerjang kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (11/03/2022) petang kemarin, hari ini, Sabtu (12/3/2022), ratusan personel dari BPBD Gunung Kidul, TNI/Polri, dan relawan kembali melakukan pembersihan dan perbaikan ratusan rumah yang rusak.

Kapolsek Paliyan, AKP Solechan, mengatakan, pembersihan dan perbaikan rumah dilakukan bersama warga di 3 padukuhan yang berada di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan.

"Karena kurangnya lampu penerangan, kemarin petang, baru ada beberapa yang sempat tertangani, sehingga dilanjutkan hari ini," kata Kapolsek, Sabtu (12/3/2022).

Dari pendataan yang dilakukan, lanjut Kapolsek, ada 154 rumah di 4 dusun di Kalurahan Mulusan yang terdampak angin kencang ini.

"4 dusun tersebut, yakni Dusun Kenteng ada 82 rumah rusak, Dusun Karangmiri 67 rumah, Dusun Watugilang 2 rumah, dan Dusun Mulusan 3 rumah," terangnya.

Pascakejadian, AKP Solechan mengatakan, pihaknya langsung melakukan koordinasi terkait penanganan, termasuk pos pengungsian, logistik, dan pendirian dapur umum.

"Alhamdulilah bantuan logistik sudah datang sejak tadi malam dan langsung didistribusi ke warga terdampak," lanjutnya.

Sejumlah pengungsi sudah kembali ke rumahnya sejak tadi pagi. Namun, masih ada pengungsi yang masih memilih bertahan mengungsi di balai dusun.

Seperti diberitakan sebelumnya, angin kencang yang disertai hujan deras menerjang dan mengakibatkan ratusan rumah di 4 dusun di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan, Gunung Kidul rusak pada Jumat (11/3/2022) petang lalu.


Selain mengakibatkan 154 rumah rusak, 2 orang warga mengalami luka-luka.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan