STRATEGI MANAJEMEN SDM DALAM ORGANISASI



Manajamen sumber daya manusia merupakan bidang strategis dari organisasi. MSDM harus dipandang sebagai perluasan dari pandangan tradisional untuk mengelola orang secara efektif dan untuk itu membutuhkan pengetahuan tentang perilaku manusia dan kemampuan untuk mengelolanya.

Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,  pengarahan,  dan  pengendalian  sumber daya (baik itu manusia, keuangan, fisik, teknologi, maupun informasi)  dalam  suatu  organisasi  untuk  mencapai  tujuan yang   telah   ditetapkan. Menurut Yuan Badrianto dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia (2023), terdapat beberapa komponen proses dalam manajemen   sumber   daya   manusia yang dapat diterapkan. Proses   ini   diterapkan   dalam   berbagai   aspek yaitu :

1.            Perencanaan   sumber   daya   manusia,  

2.            Pengorganisasian struktur    organisasi    dan   

3.            Pekerjaan, pengarahan  dan pengembangan    karyawan,    serta 

4.            Pengendalian  Kinerja karyawan.

 

Hal tersebut jika dikelola dengan baik, maka akan meningkatkan suatu strategi yang efektif dalam manajamen SDM organisasi perusahaan.

Strategi manajemen sumber daya manusia melibatkan pengembangan yang konsisten terhadap praktek yang selaras melalui program (strategi) dan kebijakan untuk memfasilitasi pencapaian tujuan strategi organisasi. Ouchi (1981) menegaskan pentingnya manajemen yang efektif dari tenaga kerja sebagai sumber keunggulan kompetitif. Dengan adanya hal ini akan membuat strategi manajemen sumber daya manusia yang lebih unggul guna mencapai tujuan organisasi yang diinginkan.

Strategi yang dilakukan oleh organisasi akan membawa dampak yang menguntungkan bagi karyawan dengan adanya tantangan dengan meningkatkan pertumbuhan organisasi. Kemudian dengan adanya hal ini akan menjadikan karyawan kreatif, inovatif, dan merasa nyaman dalam berbagai posisi dengan masing-masing tanggung jawab yang dimiliki.  Maka dari itu, strategi dalam organisasi ini harus dibuat secara matang dan efektif untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dari organisasi itu sendiri.


Penulis: Sulyono

 

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan