100% Terbukti Nggak Bikin Hamil, Pil KB Pria Siap Dirillis



Aktual Indonesia - Sesuai permintaan, pil kontrasepsi pria non-hormonal mungkin akan menjadi kenyataan, kata para ilmuwan yang telah menemukan jalur sel, atau disebut switch (pengalihan jaringan), yang menghentikan sperma untuk bisa berenang.


Tes pada tikus menunjukkan bahwa pil itu membuat sperma tertegun atau diam setidaknya selama beberapa jam - cukup lama untuk menghentikan mereka mencapai sel telur.


Lebih banyak tes direncanakan dan dibutuhkan, seperti melakukan uji coba ke kelinci sebelum manusia.


Idenya adalah pengguna dapat meminum pil satu jam sebelum berhubungan seks dan tidak lupa untuk mengawasi jam kapan efek itu akan hilang.


Bagaimana cara kerjanya?


Berbeda dengan pil kontrasepsi hormonal (pil KB) untuk perempuan, obat ini tidak melibatkan hormon apapun.


Para ilmuwan mengatakan pil ini adalah salah satu keuntungan dari pendekatan yang mereka jelajahi - tidak akan melumpuhkan testosteron dan menyebabkan efek samping defisiensi hormon pria.


Sebaliknya, switch "sperma-berenang" yang mereka targetkan adalah sebuah protein pensinyalan seluler yang disebut adenylyl cyclase atau sAC yang dapat larut. Pil pria eksperimental ini menghambat atau memblokir sAC.


Dalam studi awal pada tikus, yang didanai oleh US National Institutes of Health dan diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, satu dosis obat, yang disebut TDI-11861, menghentikan sperma sebelum, selama, dan setelah hubungan seksual.


Efeknya berlangsung sekitar tiga jam. Setelah 24 jam, efeknya tampak sudah benar-benar luntur dengan kumpulan sperma berikutnya yang berenang secara normal.


Salah satu ilmuwan, Dr Melanie Balbach dari Weill Cornell Medicine di New York, mengatakan temuan itu menunjukkan harapan sebagai alat kontrasepsi yang dapat dibalik (reversible) dan mudah digunakan.


Jika akhirnya berhasil pada manusia, pria mungkin hanya dapat meminumnya saat, dan sesering, sesuai kebutuhan. Mereka dapat membuat keputusan sehari-hari tentang kesuburan mereka.


"Tapi itu juga merupakan alat yang hebat bagi pria untuk mengontrol kesuburan mereka sendiri karena ada banyak pria di luar sana yang benar-benar tidak tertarik untuk memiliki bayi saat ini. Meskipun pria tidak hamil, mereka juga mungkin menghadapi beberapa konsekuensi," kata Dr Balbach.


Tapi pil itu tidak akan melindungi diri dari infeksi menular seksual, para ahli memperingatkan. Kondom tetap akan dibutuhkan untuk itu.


"Jelas, akan ada beberapa masalah kepercayaan dan juga beberapa masalah seputar penyebaran penyakit menular seksual," Dr Balbach menjelaskan, "jadi kami berpikir tentang hubungan berkomitmen, di mana kedua pasangan sama-sama sepakat untuk tidak hamil."


Allan Pacey, Profesor Andrologi dari University of Sheffield, mengatakan: "Ada kebutuhan mendesak akan kontrasepsi oral yang efektif dan reversible untuk pria dan meskipun banyak pendekatan berbeda telah diuji selama bertahun-tahun, belum ada yang mencapai pasar.


"Pendekatan yang dijelaskan di sini, untuk mematikan enzim kunci dalam sperma yang sangat penting untuk pergerakan sperma, adalah ide yang benar-benar baru. Fakta bahwa ia mampu bekerja, dan dapat dibalik, begitu cepat benar-benar menarik.


“Jika uji coba pada tikus dapat direplikasi pada manusia dengan tingkat kemanjuran yang sama, maka ini bisa menjadi pendekatan kontrasepsi pria yang selama ini kita cari.


"Mereka telah melakukan beberapa tes pada sperma manusia di laboratorium dan bekerja dengan cara yang persis sama. Jadi, saya pikir, benar-benar membuka prospek bahwa kita dapat melakukan beberapa percobaan pada manusia."


Sementara itu, peneliti lain telah melihat jalur yang sedikit berbeda untuk menghentikan sperma berenang, yakni dengan menghalangi protein pada permukaan sperma.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan