Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Setelah Idap Infeksi Paru-paru, Kenali Penyebab dan Gejalanya

 





Kabar duka datang dari Kabinet Indonesia Maju. Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia Jumat, (1/7/2022). Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo dikabarkan mengalami infeksi paru-paru yang mengharuskannya menjalani perawatan intensif untuk sementara waktu.

Infeksi paru-paru sendiri bukan penyakit yang dapat dianggap remeh. Pada beberapa kasus yang parah, kondisi ini bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Untuk itu, penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus ini membutuhkan perawatan yang baik. Melansir laman Verywellheath, berikut beberapa cara pengobatan untuk seseorang yang menderita infeksi paru-paru.

Melansir laman Healthline, infeksi paru-paru yang sering menyerang yaitu bronkitis, pneumonia, dan bronkiolitis. Ketiga jenis tersebut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang pari-paru.

Untuk mikroorganisme yang menyerang bronkitis di antaranya sebagai berikut.

Virus influenza atau virus pernapasan syncytial (RSV).

Bakteri seperti Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, dan Bordetella pertussis..

Untuk mikroorganisme penyebab pneumonia di antarannya sebagai berikut.

Bakteri Streptococcus pneumoniae (paling umum), Haemophilus influenzae, dan Mycoplasma pneumoniae.

Virus influenza atau RSV.

Selain itu, untuk infeksi paru-paru jamur lebih sering terjadi pada orang yang mengalami imunosupresi, baik dari jenis kanker tertentu atau HIV atau dari minum obat imunosupresif.

Gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang mengalami infeksi paru-paru di antaranya sebagai berikut.

1. Batuk dengan lendir kental

Infeksi paru-paru dapat ditandai adanya batuk dengan lendir kental. Lendir itu sendiri dihasilkan karena peradangan pada saluran udara dan paru-paru. Pada beberapa kasus, lendir yang dihasilkan juga dapat mengeluarkan darah.

Lendir kental yang keluar itu sendiri biasanya memiliki warna yang berbeda seperti, jernih, putih, hijau, dan abu-abu kekuning-kuningan. 

2. Nyeri dada

Dada yang nyeri dapat menjadi tanda seseorang mengalami infeksi paru-paru.  Biasanya muncul rasa nyeri tajam yang menusuk pada bagian dada. Hal ini juga semakin terasa terutama saat batu dan menarik napas dalam-dalam. 

3. Demam
Paru-paru yang terinfeksi dapat menyebabkan seseorang menjadi demam. Bahkan pada situasi yang buruk, suhu orang tersebut bisa mencaai 40,5 derajat celsius.

Demam tinggi itu juga diikuti dengan gejala lain seperti berkeringat, panas dingin, nyeri otot, dehidrasi, sakit kepala, dan kondisi fisik yang lemah.

4. Sakit pada bagian tubuh

Gejala seseorang mengalami infeksi paru-paru juga dapat dirasakan dengan munculnya rasa sakit pada bagian tubuh seperti otot dan punggung. Hal ini akan membuat otot-otot pada tubuh terasa nyeri dan sakit. 

5. Hidung meler

Sama halnya dengan flu, salah satu gejala infeksi paru-paru yaitu hidung meler seperti sedang pilek. Biasanya, hal ini juga diikuti bersin serta rasa tidak nyaman.

6. Sesak napas
Sesak napas juga menjadi tanda adanya indikasi infeksi paru-paru. Seseorang biasanya akan merasa kesulitan untuk bernapas.

7. Kelelahan


Seseorang yang mengalami infeksi paru-paru biasanya mudah lelah saat beraktivitas. Hal tersebut akan membuatnya menjadi lesu dan lelah karena infeksi pada paru-parunya.

8. Mengi

Gejala infeksi paru-paru lainnya yaitu mengi. Kondisi mengi terjadi karena saluran udara yang mengalami penyempitan dan meradang. Hal ini akan membuat seseorang sulit untuk mengeluarkan napas atau dikenal dengan nama bengek. 

9. Kulit dan bibir yang biru

Seseorang yang mengalami infeksi paru-paru biasanya memiliki bibir dan kuku yang membiru. Hal tersebut terjadi karena orang tersebut kekurangan oksigen dalam dirinya akibat paru-paru yang terinfeksi virus dan bakteri. 

10. Suara berderak paru-paru

Munculnya suara derak seperti suatu benda yang patah pada paru-paru dapat menjadi tanda adanya infeksi. Biasanya dokter mendengar suara-suara tersebut dengan menggunakan stetoskop di paru-paru orang yang terinfeksi.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan