Empat Kawasan di Pesisir DKI Jakarta Ini Berpotensi Terjadi Banjir Rob



Aktual Indonesia - Berdasarkan data Badan Metereologi Klimitologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi empat wilayah pesisir di Provinsi DKI Jakarta berpotensi terjadi banjir rob mulai tanggal 11-17 Juni 2022.

Kawasan Ibu Kota yang bakal dilanda banjir rob antara lain, Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kepulauan Seribu.

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," terang Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji dalam siaran persnya, Minggu (12/6/2022).

Adapun penyebab banjir rob ini karena fase bulan purnama yang bersamaan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi, red).

Sehingga menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi banjir rob.

Di kesempatan yang sama, Isnawa mengimbau masyarakat untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman BPBD Jakarta.

Jika menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG melalui Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok 0813 1676 0711," jelasnya menutup pembicaraan.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan