Buya Ahmad Syafii Maarif Meninggal Dunia

 




Aktual Indonesia - Kabar duka, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii Maarif meninggal dunia. Belum ada penjelasan tanggal dan lokasi pemakaman Buya Syafii.


Dalam keterangan resmi di website Muhammadiyah.or.id, Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia pada hari Jumat  27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.


Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. “Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya,” tutur Haedar.


Buya Syafii adalah seorang ulama dan cendekiawan Indonesia. Buya Syafii pernah menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP) dan pendiri Maarif Institute.


Buya Syafii dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping sejak Sabtu (14/5/2022) karena mengalami sesak nafas. Pada tanggal 18 Mei 2022, kondisi Buya Syafii sempat membaik.


"Sudah ada perbaikan. Sudah enggak begitu sesak," ujar Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping dr Ahmad Faesol, dikutip dari Kompas.com.


Buya Syafii Maarif adalah Ketua Umum PP Muhammadiyah ke-13 masa jabatan 1998-2005.


Buya Syafii Maarif  lahir di Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935. Ia lahir dari pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah.


Buya Syafii Maarif  meninggalkan kampung halaman dan merantau ke Jawa saat usia 18 tahun. Buya memiliki banyak pengalaman kerja mulai dari buruh, penjaga toko, hingga guru, dosen, dan wartawan. Mengutip Wikipedia, Buya Syafii Maarif  pernah menjadi pemimpin redaksi majalah Sinar (Kini Dibawahi oleh Lembaga Pers Mu'allimin), sebuah majalah pelajar Muallimin di Yogyakarta. Buya Syafii Maarif juga sempat menjadi redaktur Suara Muhammadiyah dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia.


Untuk pendidikan, Buya Syafii Maarif adalah Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta (1956), Universitas Cokroaminoto Surakarta (1964), IKIP Yogyakarta (1968), Ohio State University Chicago University (1993).


Selamat jalan Buya Syafii Maarif. Bangsa Indonesia kehilangan tokoh dan negarawan yang memiliki kesederhaan hidup.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan