Masjid Istiqlal Bakal Gelar Sholat Tarawih, Jemaah Wajib Pakai Masker



Aktual Indonesi - Masjid Istiqlal tahun ini akan menggelar Sholat Tarawih selama bulan Ramadhan. Dalam pelaksanaannya ibadah tersebut, pengurus bakal menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan para jemaah Masjid Istiqlal yang hendak beribadah diwajibkan memakai masker sejak masuk hingga keluar, mencuci tangan, serta menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

"Kita terapkan wajib masker seluruh jemaah, kami juga siapkan masker cadangan. Petugas kami akan disiplin menyerukan kepada jemaah," ujar Nasaruddin kepada wartawan di Kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Untuk pelaksanaan Shalat Tarawih sendiri, lanjut Nasaruddin, jumlah rakaat akan diperpendek tahun ini. Dia menyebut ceramah pun tidak boleh diperpanjang.

"Kita lakukan tarawih 20 rakaat sekaligus, tapi diperpendek. Imam juga sementara masih dibatasi, yang jadi imam qori nasional dan internasional," tuturnya.

Nasaruddin juga mengimbau agar para jemaah membawa sajadah sendiri, meskipun Masjid Istiqlal sudah menggelar kembali karpet untuk beribadah. Menurut dia, situasi yang perlu diantisipasi salah satunya pemumpukan jemaah di pintu masuk

"Yang kami hindari penumpukan jemaah. Di atas enggak ada masalah, yang kami harus hitung pintu masuk kita ini, parkir, dan tempat penitipan sandal. Kita petakan tiga itu krusial. Dan kita betul pengawas kita di pintu masuk. Agar kerumunan berkurang," tukasnya.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan