Apel Gelar Pasukan Zebra Jaya 2021 Polres Metro Bekasi



Wakapolres Metro Bekasi AKBP Deddy Supriadi S.I.K., M.I.K Memimpin apel gelar pasukan operasi zebra Jaya 2021 yang dilaksanakan di lapangan Promoter Polres Metro Bekasi dengan membacakannya amanat Kapolda Metro Jaya sbb : 

Yang saya hormati pejabat Utama Polres Metro Bekasi, Para Kanit Lantas Polsek Jajaran Polrestro Bekasi dan Seluruh Hadirin dan Peserta Apel Gelar Pasukan yang Berbahagia

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir pada Apel Gelar Pasukan dalam Rangka Operasi Zebra Jaya Tahun 2021.                           

Para Hadirin, peserta apel yang saya hormati

Pada saat ini kita masih dihadapkan dengan situasi Pandemi Covid-19, dimana Jakarta termasuk dalam 50 kota di dunia dengan penanganan Covid-19 terbaik dan tercatat lebih unggul dari beberapa kota besar dunia seperti Moskow, Paris, Shanghai, maupun Los Angeles dalam beberapa kategori. Hal itu sebagaimana laporan yang diterbitkan Deep Knowledge Analytic (DKA) berjudul COVID-19 City Safety Rankings 2021: Benchmarking of Municipal Pandemic Response - Vaccines, Economy, Prevention, Governance, Safety.

Adapun angka Covid-19 di DKI Jakarta saat ini rata-rata penambahan kasus positif harian dalam 2 minggu terakhir sebanyak 98 kasus, dan jumlah kasus aktif sebanyak 868 kasus.

Karena angka Covid-19 yang sudah relatif menurun, pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu DKI Jakarta dan wilayah Aglomerasi termasuk dalam kategori PPKM Level I. Hal tersebut berimplikasi kepada peningkatan mobilitas masyarakat dan kepadatan lalulintas. Berdasarkan data Tomtom Traffic Index, Index Kemacetan Jakarta pada bulan Juli sebesar 8% dan saat ini meningkat hingga 40%.

Untuk itu, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2021 yang dilaksanakan selama 2 minggu mulai hari Senin tanggal 15 November hingga Minggu tanggal 28 November 2021. Diharapkan dengan adanya Operasi Zebra Jaya 2021, dapat menurunkan tingkat pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas karena dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin Lalu Lintas, kalau ingin mengetahui budaya suatu bangsa dapat dilihat dari disiplin Lalu Lintas.

Para Hadirin, peserta apel yang saya hormati

Terdapat beberapa penekanan kepada seluruh personel yang bertugas di lapangan khususnya yang terlibat dalam Operasi Zebra ini agar :
o Yang pertama, laksanakan tugas operasi ini secara persuasif, humanis, edukatif dan simpatik dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.
o Yang kedua, perhatikan attitude anggota di lapangan pada saat operasi. Tetap jaga sopan dan santun. Laksanakan tugas dengan profesional, jangan sampai ada kejadian lagi anggota lantas yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur
o Yang ketiga, kita sudah ada ETLE agar dimaksimalkan, tambahkan CCTV di titik-titik yang berpotensi terjadi pelanggaran lalu lintas baik di jalan tol maupun jalan utama.
o Yang keempat, bahwa hasil pemantauan di lapangan masih banyak terjadi pelanggaran lalu lintas terutama penggunaan knalpot bising, penggunaan rotator dan sirine tidak sesuai peruntukannya dan TNKB yang tidak dipasang pada tempat yang sudah disediakan pabrikan serta masih ada kecenderungan terjadi kerumunan dan abai terhadap prokes.
o Yang kelima, berikan contoh yang baik kepada masyarakat. Dalam operasi ini kita melakukan penegakan hukum dengan melakukan tilang kepada masyarakat yang melanggar lalu lintas, jangan sampai kita sebagai anggota Polri malah melakukan pelanggaran, misalnya menggunakan knalpot bising.
o Yang keenam, saat ini sudah memasuki musim hujan, jaga kesehatan dan keselamatan diri pribadi dalam melaksanakan tugas, tetap waspada dan terapkan buddy system, serta
o Yang terakhir, Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang amal ibadah kita kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak lupa saya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih  kepada segenap jajaran TNI, Pemprov DKI Jakarta, serta seluruh pihak yang telah mendukung Operasi Zebra Jaya Tahun 2021.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan ridho dan rahmat-Nya kepada kita semua dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.





Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan