5 Manfaat Minum Teh Pahit, Bisa Redakan Stres Hingga Turunkan Berat Badan

 




Tidak sedikit orang yang menyukai minuman teh pahit. Sajian teh yang diseduh dalam waktu yang lama ini memiliki ciri khas rasa yang pahit, tajam, dan tegas dengan aroma yang khas.


Tapi taukah kamu, teh pahit ternyata juga baik bagi kesehatan karena mengandung nutrisi yang cukup beragam. Mulai dari antioksidan, vitamin C, polifenol, katekin, kafein, L-theanine, dan zat besi.


Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023), berikut manfaat teh pahit bagi kesehatan.


1. Bantu Turunkan Berat Badan

Kandungan kafein dan polifenol dalam teh pahit dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.


Selain itu, teh pahit juga dapat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan energi tubuh.


2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dan polifenol dalam teh pahit juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.


Selain itu, manfaat teh pahit juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.


3. Redakan Stres dan Kecemasan

Kandungan kafein dalam teh pahit dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Kafein dapat merangsang produksi hormon dopamin dan serotonin dalam otak, yang dapat meningkatkan mood dan meredakan stres.


4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam teh pahit dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV.


Selain itu, manfaat teh pahit juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, yang penting untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.


5. Turunkan Risiko Diabetes

Kandungan polifenol dalam teh pahit dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi teh pahit secara teratur dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan