Geger Muncul Lubang Misterius di Cikalongwetan Bandung Barat, Pakar ITB Ungkap Penyebabnya



Aktual Indonesia - Warga Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat digegerkan oleh penemuan lubang misterius.

Lubang tersebut dilaporkan muncul di area pesawahan dan memiliki diameter 1 meter dengan kedalaman 10 meter.

Fenomena ini sontak mengundang rasa ingin tahu warga dan beberapa orang mengabadikannya lewat sebuah foto yang kemudian viral di media sosial.

Menanggapi kemunculan lubang misterius di Cikalongwetan, Pakar Geodesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas angkat bicara.

Heri menjelaskan bila fenomena munculnya lubang seperti itu dikenal dengan istilah sinkhole.

Sinkhole sendiri terbentuk karena hilangnya lapisan permukaan di bawah tanah akibat tergerus air.

“Fenomena sinkhole terjadi akibat adanya gerusan air di bawah tanah terhadap lapisan kapur yang menyebabkan rongga. Untuk di Jawa Barat, lapisan kapur itu kerap ditemui di pegunungan hingga pesisir pantai,” ujarnya, Jumat, 3 Juni 2022.

Tak hanya di pesawahan, sinkhole juga biasa muncul di area yang kerap digunakan untuk aktivitas rutin manusia.

Hal ini lantaran wilayah bermukim dilengkapi dengan fasilitas sanitasi tempat hilir mudiknya air.

"Biasanya ada gerusan air kemudian nanti air melarutkan kapur, itu sangat erat terkait dengan aktivitas manusia, jadi biasanya dari sanitasi," ujarnya.

Heri menambahkan, daerah Jawa Barat dulunya merupakan wilayah lautan yang terangkat menjadi daratan. Sehingga kondisi tersebut umumnya menyebabkan lapisan tanah di bawahnya memiliki lapisan kapur.

"Contohnya kan di Citatah itu kan gunung kapur. Sebenarnya di banyak tempat itu lapisan kapur itu banyak dijumpai, baik di utaranya Bandung, ke arah barat, selatan, Sukabumi, itu ada lapisan kapur," tuturnya

Ke depannya, Heri memprediksi fenomena semacam ini akan lebih banyak ditemukan 10 tahun ke depan buntut dari pembangunan pemukiman masyarakat di wilayah pegunungan.


Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan