Kapolres Metro Bekasi Dampingi Kapolda Metro Jaya Pantau Arus Mudik

 




Polres Metro Bekasi - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran didampingi Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setyawan pantau jalannya arus mudik di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 29, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Kamis (28/04/2022).


“Saat ini kami sedang memantau jalannya arus mudik melalui layer di Pos Pengamanan arus mudik ruas Tol Jakarta – Cikampek KM 29, Cikarang Utara,” kata Fadil.


Ia mengatakan, arus lalu lintas di jalur Tol Japek masih terbilang lengang pada H-4 ini. Belum terlihat adanya penumpukkan kendaraan pemudik di ruas tol.


“Kalau kita lihat lalu lintas sekarang yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih lancar. Kita terus berkomunikasi dengan Direktorat Lalu lintas (Dirlantas), baik yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, melalui Kakorlantas,” bebernya.


Ia pun menjelaskan, jalur Tol Layang MBZ juga akan ditutup jika arus lalu lintas di tol Japek bawah mulai padat. Hal itu dilakukan agar lalu lintas di Gerbang Tol MBZ di Karawang tidak menumpuk akibat pertemuan arus dari Tol Japek bawah.


“Ada dua CB yang harus dikerjakan, untuk mengurai kemacetan, yang berada di wilayah Polda Metro Jaya. Yang pertama kami melakukan buka tutup di jalan layang Tol MBZ. Ketika pertemuan antar arus layang dan arus tol biasa penuh, maka MBZ kita tutup. Itu situasional,” tukasnya.


Tak hanya buka tutup pada ruas tol layang, lanjutnya, contra flow juga bakal diterapkan di KM 28 arah Cikampek jika arus lalu lintas mulai padat. “Kemudian,, ketika arus bawah penuh, maka kita lakukan contra flow mulai dari KM 28 sampai 47, itu yang sifatnya situasional,” ujarnya.


Selain itu, ia menyebutkan, jika dilakukan sistem satu arah, arus lalu lintas dari Cikampek menuju Jakarta tidak akan terganggu. Mengingat rekayasa lalu lintas ini dilakukan pada pukul 17.00-24.00 WIB.


“Sehingga masyarakat bisa menyesuaikan waktunya jika akan menuju ke timur, atau sebaliknya, masyatakat yang dari Bandung menuju Jakarta agar tidak terganggu karena dimulai pukul 17.00 WIB, dari Bandung berati pukul 01.00 WIB,” pungkasnya.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan