Hari ini Kemenag Gelar Sidang Isbat Untuk Menentukan 1 Ramadhan 1443 H

 


Kementerian Agama (Kemenag) RI bakal menggelar sidang Isbat penentuan awal Ramadhan pada hari ini, Jumat (1/4/2022) pukul 17.00 WIB. Sidang Isbat akan dilakukan secara hybrid atau gabungan antara offline maupun online karena memperhatikan kondisi pandemi Covid-19.


Sidang isbat yang dilakukan secara luring akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sementara peserta lainnya dapat mengikuti sedang melalui telekonferensi yang digelar secara daring.


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, digelarnya sidang isbat sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat juga selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.


Pada sidang Isbat ini juga akan melibatkan duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.


"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," tutur Adib dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu,(30/03/2022).

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan