6 Tips Aman dan Sehat Selama Perjalanan Mudik Lebaran



Aktual Indonesia - Tak dapat dipungkiri, tahun ini antusiame masyarakat untuk mudik Lebaran tergolong sangat tinggi. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir ada larangan akibat tingginya kasus penyebaran Covid-19.

Kendati begitu, para pemudik harus memenuhi syarat mudik. Selain itu, masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan agar tetap sehat.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/4/2022), berikut beberapa tips mudik yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat dan aman selama perjalanan.

1. Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Vaksin Covid-19 menjadi salah satu syarat mudik 2022 yang harus ditaati. Pemudik diharuskan untuk melengkapi vaksin lengkap dan booster.

Sebaiknya lakukan vaksinasi jauh-jauh hari sebelum mudik. Hal ini berguna untuk menghindari efek samping setelah vaksin. Untuk mendapatkan vaksin Anda bisa mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

2. Pilih Moda Transportasi Terbaik

Tips mudik lainnya yang harus Anda perhatikan yaitu pilih moda transportasi yang nyaman dan tepat. Dalam memilih moda transportasi, Anda bisa memperhatikan jarak tempuh ke kampung halaman.

Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, lebih baik jika memilih moda transpotasi pesawat terbang. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Namun, sebaiknya jangan mudik menggunakan motor.

3. Cek Kondisi Kendaraan

Apabila Anda mudik menggunakan mobil pribadi, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal ini diperlukan agar Anda dan keluarga aman selama perjalanan mudik ke kampung halaman. How to Break Free From 'Doom-Scrolling'

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Pastikan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa kenakan masker sesuai standar, menjaga jarak, hindari kerumuman, rutin cuci tangan, bawa hand sanitizer untuk mencegah penularan Covid-19 selama perjalanan mudik.

5. Cukup Istirahat Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat mudik, pastikan mencukupi kebutuhan istirahat. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit selama mudik. Pasalnya, mudik memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga kondisi tubuh harus fit.

6. Bawa Perlengkapan Kesehatan

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K.

Perlengkapan kesehatan diperlukan jika tiba-tiba terjadi hal yang menggangu kesehatan tubuh. Dengan membawa perlengkapan kesehatan, maka Anda bisa melakukan pertolongan pertama kepada diri sendiri.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan