Siapa yang Diceritakan dalam Dongeng Tersebut? Kunci Jawaban Kelas 2 SD Tema 7 Pembelajaran 1


Buku dari laman Kemendikbud berupa buku tematik untuk SD bisa diakses secara online pada edisi revisi 2018 yang mana salah satunya pada kelas 2 SD tema 7.

Pada tema 2 kelas 2 SD ini buku tematik berjudul Kebersamaan, membahas mengenai kehidupan bersama antara makhluk hidup. Baik sesama hewan, tumbuhan, atau manusia.

Pada Subtema 1 ini adik-adik diminta menyelesaikan masalah dan memecahkan tentang kebersamaan yang terjadi sehari-hari.

Nantinya di bawah ini dilampirkan kunci jawaban yang mana dikaji oleh alumnus Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Jember, Khuriyanah, S.Pd untuk kelas 2 SD tema 7.

Sejatinya kunci jawaban ini hanya sebagai pemandu adik-adik yang bisa digunakan untuk mengetahui lebih jauh dan dalam mengenai pertanyaan yang ada di buku tema, khususnya untuk kelas 2 SD pada tema 7 berjudul Kebersamaan Subtema 1 pada halaman 7, 9, 10, 11, 12 dan 13.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD

Halaman 7

1. Tokoh yang diceritakan adalah ular dan tikus.

2. Kecerdikan tikus adalah mencoba mengelabuhi ular agar tidak memakananya dengan mengatakan jika ular memakannya, maka akan hidup sendiri dan tidak punya teman. Akhinya juga akan mati meskipun hidup sendiri.

3. Ular dan tikus hidup bersama karena ular tidak bisa hidup sendiri jika memakan tikus, akhirnya keduanya berteman untuk bertahan hidup dan mencari makan bersama.


Ayo Berdiskusi

Dongeng yang berjudul Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan ini menceritakan kepandaian atau kecerdikan tikus supaya ia tidak jadi dimakan oleh ular. Ular yang sudah memangsanya dari lama akhirnya menurut dan mau berteman dengan tikus hingga akhirnya hidup bersama dan selalu mencari makan bersama.

Pada dongeng ini dari kecerdikan tikus, akhirnya membuahkan hasil dimana selain ia bisa terbebas dari ular yang tidak memakannya, keduanya bisa hidup berdampingan tanpa memangsa satu sama lain dan akhirnya berteman.

Tikus dan ular bisa menjadi teman untuk hidup bersama-sama saat mencari makan bersama. Ide cerdik tikus yang sebenarnya untuk mengelabuhi ular tanpa disangka berbuah kebaikan yang mana membuat tikus dan ular hidup berdampingan.

Disclaimer:


1) Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.


2) Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa dan orang tua mengeksplorasi jawaban lebih baik.


3) Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan