Dukung Program Pemerintah, OMNI Hospital Cikarang Operasikan Layanan Heart dan Vascular Center


Dalam rangka mendukung program pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, OMNI Hospital Cikarang membuka dan meresmikan pusat layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah (Heart & Vascular Center), Rabu (3/11/2021).

Pusat layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah (Heart & Vascular Center) ini akan melayani masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Sehingga, dengan adanya pusat layanan ini, masyarakat di tiga kabupaten itu tidak perlu pergi jauh ke Jakarta atau luar negeri lagi untuk melakukan penanganan operasi atau bedah jantung atau Bypass jantung koroner.

Pusat layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah (Heart & Vascular Center) OMNI Hospital Cikarang itu diresmikan langsung oleh Plt Bupati Bekasi, H. Ahmad Marjuki.

Plt Bupati Bekasi, H. Ahmad Marjuki, mengapresiasi apresiasi OMNI Hospital Cikarang yang telah menyediakan pusat layanan jantung. Ia berharap dapat memberikan manfaat bagi warga Kabupaten Bekasi yang membutuhkan penanganan jantung.

“Saya ucapkan terima kasih atas tersedianya fasilitas pelayanan ini, semoga bermanfaat dan menambah semangat hidup warga Kabupaten Bekasi,” kata Marjuki.

Direktur OMNI Hospital Cikarang, dr. Rudy Susanto, mengatakan, jenis bedah jantung yang dimaksud ini adalah operasi coronary artery bypass graft (CABG). Yaitu, pembuatan jalur baru di sekitar coronary artery yang tersumbat akibat tumpukan lemak, thrombus yang disebut trombosis atau aterosklerosis.

“Jalur baru yang sudah tersambung ini akan membuat aliran darah yang menuju organ jantung menjadi lancar, sehingga sel jantung cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen dan akan membuat jaringan jantung dan otot jantung menjadi kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi organ tubuh lainnya,” kata dr. Rudy.

Diakuinya, bedah jantung koroner OMNI Hospital Cikarang ini merupakan yang pertama di PURWABEKA (Purwakarta, Bekasi, Karawang). Rumah Sakit yang terletak di Komplek The Oasis Kav. 1, Jalan Raya Cikarang – Cibarusah, Kabupaten Bekasi ini didukung oleh perangkat dan tenaga medis berpengalaman di bidang kedokteran kardiovaskuler.

“Operasi coronary artery bypass graft ini tentunya menggunakan teknologi terkini, sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas. Ini merupakan suatu prestasi besar bagi pusat layanan jantung (Heart & Vascular Center) di OMNI Hospital Cikarang,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini operasi bedah jantung koroner harus dilakukan ke kota-kota besar, seperti ke Bandung dan Jakarta, bahkan ke luar negeri.

“Kami hadir tentu menjadi suatu kemajuan bidang ilmu kedokteran, khususnya ilmu bedah jantung koroner di wilayah Purwabeka,” katanya.

“Sukses bypass jantung koroner ini menjadi kebanggaan jajaran manajemen karena menjadi suatu milestone baru dan sejarah penting bagi OMNI Hospital Cikarang, yang saat ini sedang terus menerus berupaya merealisasikan tiga misi utama EMC Healthcare Group, yaitu memperioritaskan kebutuhan kesehatan dan keselamatan pasien, membudayakan pembelajaran dan inovasi yang berkelanjutan, dan mendirikan pusat pelayanan kesehatan unggulan terbaik yang berkualitas internasional kepada pasien, keluarga pasien, mitra usaha, dan masyarakat di semua pemerintahan se-Kabupaten PURWABEKA, khususnya pelayanan bagi pasien dengan penyakit jantung,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Hj. Sri Enny Mainiarti, MKM, juga berterimakasih kepada OMNI Hospital Cikarang yang telah menghadirkan pelayanan jantung Heart and Vascular Center. Sebab, akan berdampak baik bagi warga Kabupaten Bekasi. Karena selama ini, banyak keluhan masuk ke Dinas Kesehatan karena rujukan terkait bedah jantung hanya terpusat di Jakarta dan Bandung, bahkan luar negeri.

“Namun dengan hadirnya layanan heart & vascular center ini, akan sangat berdampak baik kepada warga Kabupaten Bekasi. Kita tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar daerah, karena sudah ada di Cikarang,” ungkapnya.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan